MODELING KEPALA ROBOT GUNDAM


tutorial ini  menjelaskan tentang Pembuatan Gundam RX-78-2 menggunakantutorial 3dsmax. Pertama ente  akan membuat salah satu bagian tubuh yang paling kompleks, yaitu adalah bagian kepala. Ente akan membuat ini kepalagaya robot jepang dari awal. Catatan: Meskipun ini adalah tutorial yang sangat rinci, mungkin sulit untuk pemula yang tidak terbiasa dengan fitur 3dsmax dan fungsi. 

oke ane ga' mw banay' bacot lagi silakan cekidot.. :








Pertama, ente akan membuat wajah Gundam (mulut, hidung dan mata)anemempersiapkan file 3dsmax (cetak biru), Anda harus mulai tutorial ini.Download file iniEkstrak dan membuka file 3dsmax(gundam_head_start.max), Anda akan mendapatkan adegan seperti gambardi bawah ini. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang menggunakancetak biru dalam pemodelan.
http://www.tutorialshine.com/free-download/file/74-gundam-rx-78-2-head-blueprint




2. Di Front viewport, buat plane dengan segmen 2 x 6 . Posisikan plane di depan wajah Gundam. Klik kanan dan pilih Convert ToConvert To EditablePoly. Terapkan material untuk plane ini. ane menggunakan warna hijausederhana dan menurunkan nilai Opacity menjadi 50%. Jadi ane bisa melihatcetak biru di belakang. Hidupkan Smooth  dan Highlight (F3) atau UjungWajah view (F4) di Depan, Kiri dan Perspektif viewport.




3. Pada tab Modify, aktifkan seleksi PolygonPilih setengah dari poligon, dan hapus. De-aktifkan semua sub-obyek selection dan terapkan Symmetry modifier pada modifer listGunakan sumbu X dengan pilihan flip aktif. Mulai sekarang, ente hanya perlu membuat setengah dari kepala. Setengah lainnyaakan dicerminkan oleh Symmetry modifier.



4. Dalam Stack Modifier, klik tambah (+) tanda kiri Editable Poly dan kemudian pilih Vertexdi fron viewport dan Left viewport, pindahkan setiap titik untuk kemudian di cocokkan  latar belakang. Gunakan gambar di bawah ini untuk sebagai pedoman. 


5. Ubah ke seleksi Edge. Pilih pilih beberapa garis seperti di bawah ini . Ada 6garis yang ente perlu seleksiente dapat menyeleksi lebih dari satu tepidengan menekan Ctrl saat menyeleksiKemudian klik Connect di Edit edges untuk membuat tepi penghubung.


6. Di Front viewport, pilih semua garis bagian atas. Pindahkan  sambil menahan shift (Shift tarik +) untuk menambah garis . Selanjutnya, di viewportleft,  pindahkan garis yg baru ente buat   ke kiri, menciptakan bentuk mata.


7. Di Front viewport, tekan Shift  kemudian drag garis yg di atas atas dua kali.Ubah ke seleksi Vertex, dan pindahkan titik untuk membuat bentuk mata.Hasil selesai ditampilkan pada gambar paling kanan bawah.




Melengkapi wajah robot gundam

8. Pada viewport left, pilih 2 garis seperti gambar di bawah ini. Tekan Shift kemudian drag sekali untuk membuat menambahkan garis.



9. Untuk mengisi kesenjangan segitiga. Ubah seleksi ke  PolygonAktifkansnap toggle untuk menyesuaikan degan posisi vertexdi rollout edit geometry klik tombol CreateDi Perspektif viewport, klik untuk membuat poligon(Misalnya 1-2-3-1). Matikan snap toggle jika sudah selsai.

10. tekan SHIFT kemudian drag.

11. Pilih tiga poligon. di rollout edit polygon, klik tombol ExtrudeKlik dan tarikdi poligon yang dipilih untuk membuat ekstrusi. Lihat Left viewport untuk melihat berapa banyak ekstrusi diperlukan.




12. gunakan Select And Uniform untuk mengubah sekala pada poligon yg telah ente seleksi. Kemudian, pada viewport Front gerakkan  poligon ke kanan.



13. Jangan hapus semua poligon yg dipilih. Gunakan Inset, lalu Bevel.

14. Ubah ke seleksi Edge. Pilih semua sisi vertikal seperti gambar di bawah ini. Kemudian  Hubungkan setiap garisnyakemudian, pindahkan vertex agar sesuai dengan cetak biru di belakang. ente dapat melihat hasil akhir digambar kanan bawah ini.




Dalam tutorial di atas, ente udah membuat wajah Gundam. Sekarang, ente akan membuat bentuk kepala dasar Gundam RX-78-2.ane akan menggunakan teknik sederhana dengan menggunakan tersedia  extended primitive di 3dsmax. Ini menghemat banyak waktu bila ente menggunakanprimitif untuk membuat objek yang lebih kompleks seperti ini kepala Gundam.
Membuat bentuk dasar kepala gundam


15.klik CREAT>Geometry tab. Pilih Extended Primitives dari daftar drop-down.Kemudian klik tombol ChamferCylKlik dan tarik di Top viewport untuk membuat Cylinder ChamferBuka tab Modify dan ubah beberapa parameter.Gunakan parameter gambar di bawahSetelah selesai, posisikan ChamferCylinder di tengah cetak biru kepala Gundam.



16. Klik kanan Chamfer Cylinder dan pilih Convert ToConvert To EditablePoly. Di left viewport dan Top viewport, pilih poligon seperti gambar di bawah ini dan hapus.





17. Ubah seleksi menjadi VertexPilih semua titik vartex. gunakan Select and Non-uniform Scale Toolubah ukuran sepanjang sumbu XPosisikanChamfer Cylinder lagi sampai terlihat seperti gambar kiri bawah. buat materialChamfer Cylinder nampak transparan seperti ketika membuat wajah gundam.Selanjutnya,di left viewoport drag setiap titik vartex pada Chamfer Cylinder  sejajr dengan wajah gundam.


18. Putar lihat pada Perspective viewport sampai ente dapat melihat bagian atas dari silinder Chamfer. Buka Grid dan Snap setting pada kotak dialog (dari atas menu Customize>Grid And Snap Settings). Aktifkan Midpoint. Ini akan memungkinkan ente untuk memilih tengah tepi tepat. Tutup kotak dialog ketika selesai. Aktifkan seleksi Edge. Nyalakan snap toggle. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Cut. Potong ujung-ujungnya dari atas ke bawah (lihat gambar di bawah). Catatan: Klik kanan untuk menyelesaikan pemotongan.

19. Di left viewport, potong seperti gambar kiri bawah. Ubah ke seleksiPolygonPilih beberapa poligon di bagian bawah Chamfer Cylinder (gambarkanan bawah). hapus. Setelah selesai, pergi ke rollout Edit Geometry . Kliktombol Attach . Selanjutnya, klik objek wajah untuk membuat gabungan kedua objek.


20. Langkah terakhir, memperbesar kesenjangan daerah antar dua benda.Aktifkan seleksi VertexPada Edit Vertices  , klik Weld Target. Fitur ini digunakan untuk menaytukan satu titik dengan titik yang lain. Sebelum ente mulai, aktifkan snap toggleUntuk menaytukan, klik satu titik (A), kemudian kliktarget lain vertex (B). Hasil akhir ditunjukkan pada gambar kecil di kanan bawah. 


Menyesuaikan Bentuk Kepala

Dalam tutorial sebelumnya ente memiliki bentuk dasar kepala Gundam. Ini masih jauh dari finish. sekarang, kepala Gundam ente  seperti silinder darikepala robot. Jadi, mari kita menyesuaikan kepala untuk membuat bentukyang lebih bulat dan halus. ente juga akan menambahkan beberapa lubang kecil di kedua sisi kiri dan kanan.

21. Aktifkan seleksi Edge. Di left viewport potong beberapa kali seperti gambardi bawah ini. Kemudian, pindahkan vertex agar sesuai cetak biru di belakang.





22. Ubah seleksi untuk PolygonPilih beberapa poligon di Left viewport.Selanjutnya, di Front viewport, geser sedikit poligon sepanjang sumbu X .



23. Kembali ke left viewport, pilih poligon seperti gambar di bawah ini. Dalamrolllout Poligon Edit, klik tombol ExtrudeKlik dan drag di viewport untuk menambahkan ekstrusi. lihat cetak biru di Front viewport untuk mengontrol berapa banyak ekstrusi diperlukan.


24. Aktifkan seleksi VertexEnte perlu untuk memindahkan beberapa titik(sebagai akibat dari ekstrusi). Sebelum itu, di  Top viewport pilih salah satutitik (misalnya titik di dalam lingkaran merah) dan lihat X yang berkoordinasi dibagian bawah layarKemudian, pilih titik yang akan dipindahkan dan masukkan kordinat X yang baru . Catatan: Jangan menggunakan koordinat Xyang sama dari gambar di bawah ini. Anda harus memeriksa diri Anda sendiri.



25. Masih dalam seleksi VertexPilih beberapa titik seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah ini. Pindahkan titik-titik tersebut sedikit ke bawah.

26. Saat ini, kepala gundam terlihat seperti silinder. Berikutnya, ente akanmemodifikasinya. Pada left viewport pilih beberapa titik seperti gambar di bawah ini. Buka rollout Soft selectionAktifkan Soft selection dengan falloff = 49 dan Bubble = 1,15Pindahkan titi yang dipilih ke kiri dan ente akanmendapatkan bentuk kepala bulatMatikan Soft selection untuk sementara dan pindahkan beberapa posisi  simpul secara manual (simpul di dalam lingkaran putih) untuk membuat bentuk kepala yang halus.

       
27. Pilih empat titik di left viewportKemudian, aktifkan Soft selectione lagi dengan nilai yang sama seperti sebelumnya. Di Front viewport, pindahkan titikyang dipilih ke luar kepala. Setelah selesai, matikan Soft selection.

28. Selanjutnya, kita akan memodifikasi wilayah tepi kepala. Ane tidak tahuapa daerah ini fungsi. Mungkin untuk sirkulasi udara he..he.. :D.... 
Dalam Perspektif viewport, pilih dua poligon seperti gambar di bawah ini. Dirollout Edit Polygons , klik tombol Settings di sebelah kanan InsetMasukkanJumlah Inset = 2,5 dan klik OK. Selanjutnya, klik tombol Settings di sebelah kanan BevelMasukkan Tinggi = -6,5 dan Jumlah Outline = -1. Klik OK.Langkah selanjutnya, menerapkan prosedur yang sama untuk poligon lainnya(ditandai dengan oleh panah putih).



29. Aktifkan seleksi PolygonHapus setengah dari poligon. Matikan semuapilihan sub-objek. Aktifkan Symmetry modifierSeperti biasa, gunakan sumbuX dan Flip aktif. Gambar bawah menunjukkan  kepala Gundam ente sejauh ini.

30. Samapai disnini inilah kepala gundam yang sudah ente buat ttttttttttttttrrrrrrrrrrrraaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmmm  !!!!

0 komentar: