MEMBUAT KEPALA GUNDAM RX-78-2 FINAL

okeh ktalanjutkan plajaran tadi :D

Setelah ente  bentuk kepala Gundam jauh lebih baik dalam tutorialsebelumnya, sekarang, ente akan memodifikasi daerah dahiente akan membuat bentuk seperti topi di daerah dahi.
Memodifikasi daerah Dahi


1. Aktifkan seleksi PolygonPutar melihat pada Perspective viewport sampai Anda dapat melihat bagian dalamPilih polygons di bagian belakang kepala (lihat gambar kiri bawah). Tekan "Delete" di keyboard untuk menghapusnya.Ubah seleksi untuk Edge. Pilih semua sisi dari dahi ke belakang kepala (lihat gambar kanan bawah) ..

2.  Pada Top viewportShift kemudian drag ke kanan. Ente harus berada tepi ini yang dipilih dalam X yang sama persis berkoordinasi dengan tepi yang ada (lingkaran merah)Catatan: Jangan gunakan nilai-nilai X ditampilkan di sini



3.
 Setelah itu, di left viewportAktifkan seleksi VertexPilih titik di daerah dahi.Pindahkan ke kanan. Pindahkan setiap vertex agar sesuai cetak biru di belakang.





4.
 ngomong-ngomong, ente bisa meningkatkan atau mengurangitransparansi bahan untuk membantu Anda melihat dengan jelas model. Putarmelihat pada Perspective viewport sampai Anda dapat melihat atas kepala.Pilih 2 sisi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Pada rollout Edit Edges, klik tombol Settings di sebelah kanan ConnectDalam kotak dialog terbuka, masukkan Segmen = 2 dan Slide = 2. Klik OK.


5.
 Dari menu atas klik Customize Grid> Dan snap setting. Dalam kotak dialog, centang Edge / segmen. Sekarang, ente justru dapat memilih yang mana saja di sepanjang sisi. Potong sisi dalam 2 bidang seperti gambar di bawah ini.





6.
 Ubah seleksi menjadi VertexPindahkan titik untuk membuat permukaan halus. Lihatlah gambar di bawah ini untuk referensi.





7.
 Kita masuk langkah terkahir di bagian ini. Ubah ke seleksi Polygon. Di
rollout Edit Geometry rklik tombol CreateMengisi celah antara dahi dan area mata dengan membuat poligon baru. Buat beberapa kali sampai semuacelah diisi.





Menambahkan Detil di Atas Kepala

8. Mengkonversi objek ke Editable Poly. Aktifkan seleksi PolygonPilih poligonseperti gambar di bawah ini. Bevel poligon.




9. Ubah seleksi menjadi Vertex. Pada Left viewport, pindahkan titik agar sesuai cetak biru di belakang.





10. Aktifkan seleksi Edge. Pilih tepi di poligon miring (kiri dan kanan) Padarollout Edit Edges klik tombol ChamferKlik dan drag di sisi yang dipilih untukmenchamfer sedikit. Selanjutnya, mengubah pilihan untuk Polygon. Pilih salah satu polygon seperti gambar di bawah ini.




11. Terapkan  Inset dan BevelUlangi prosedur yang sama dengan bagian belakang kepala.



12. Selanjutnya,  membuat embelem seperti bentuk V di dahiPada Left viewport, pindahkan titik agar sesuai cetak biruKemudian, Potong seperti gambar kanan bawah ini.




13.
 Di Front viewport, menggunakan  Select and Non-Uniform Scale tool  ubahposisi vertex sepanjang sumbu X.






14. Pilih diamond shaped polygons.Terapkan Bevel. Pindahkan beberapa titik di left viewport agar sesuai cetak biru.





15. Aktifkan seleksi Edge. Potong seperti gambar kiri bawah.  Potong juga sisi lain. Ubah ke seleksi PolygonPilih poligon berbentuk segitiga (kedua sisi).




16. Dalam rollout Edit Polygons, klik tombol Settings di sebelah kananExtrudeMasukkan ketinggian Ekstrusi seperti gambar di bawah ini.Selanjutnya, pindah poligon diekstrusi ke atas. Resize menggunakan Select and Uniform, untuk membuatnya jauh lebih kecil. Pada Left viewport, pindahkan poligon dipilih ke belakang.





Detailling wajah

17. Pilih semua poligon untuk membuat mata. Dalam rollout Edit Polygonsklik tombol Settings di sebelah kanan BevelDalam kotak dialog terbukaMasukkan Tinggi = 1,5 dan JUMLAH Outline = -1,8Gundam Model sekarang harus memiliki mata yang lebih baik, dibandingkan dengan yang datarsebelumnya.




18. Selanjutnya, Kita akan menambahkan rincian di daerah mulut. Ubah keseleksi Edge. Pilih 3 sisi vertikal seperti gambar di bawah ini. Pada rollout Edit Edges, klik tombol Settings di sebelah kanan Connect. Dalam kotak dialog terbuka masukkan Segmen = 4 dan Pinch = -23Selanjutnya, dengan menggunakan Cut membuat sisi lain tambahan seperti gambar dibawah ini.Potong di kedua sisi. Pastikan Anda mengaktifkan snap toggle  sebelumnya.





19. Ubah ke seleksi VertexUbah posisi titik seperti gambar di bawah ini.Selanjutnya, ganti ke seleksi PolygonPilih 4 poligon seperti gambar kananbawah ini. Terapkan Extrude dengan nilai negatif (dalam ekstrusi).






20. Selanjutnya, kita akan menambahkan rincian di daerah daguAktifkanseleksi Edge. Dalam Perspektif viewport, putar tampilan sampai ente dapat melihat bagian bawah kepala. Pilih sisi di daerah dagu (lihat gambar di bawah). Ada 8 sisi yang perlu Anda pilih. Dalam Kiri viewport, shift + drag sisiyng dipilih. Sedikit ke bawah dan ke kiri.

 



21.
 Masih dalam seleksi Edge. Pada Front viewport dipotong seperti gambar dibawah ini. Aktifkan snap toggle sebelum pemotongan.





22. Pilih poligon seperti gambar di bawah ini. Gunakan Extrude dua kali. Yang pertama adalah ekstrusi cahaya. Yang kedua yang lebih lama. Selanjutnya, dengan menggunakan Select And Uniform scale buat poligon diekstrusi lebih kecil. kemudian, pindahkan vertex agar sesuai cetak biru di belakang.





Sedikit sentuhan lagi kita akan selesai

23. Masukkan seleksi PolygonPilih setengah dari objek. UntukMenghapusnya. Matikan semua pilihan sub-objek. Berikutnya, membuatsilinder di viewport FrontGunakan nilai di bawah ini. Posisi silindermenggunakan cetak biru sebagai referensi (lihat gambar di bawah) ..




24. Pastikan objek kepla Gundam dipilih. Pada Command Panel, buka BuattabGeometry. Pilih  Compound Objek di drop down. Klik tombol Boolean. Di rollout Pick Boolean , klik Pick operan tombol BKemudian klik silinder di viewportSecara default operasi Boolean terjadi pengurangan, karena itu adalubang di kepala Gundam. Hanya jika lubang dibuat dalam tempat yang salah, klik tambah (+) tanda kiri Boolean dalam Stack ModifierSorot OperanPadarollout Parameters pilih Cylinder01Kemudian Anda dapat menyesuaikan posisi lubang.





25.
 Setelah itu, mengkonversi objek kepala Gundam ke dalam Editable Poly.Aktifkan Border selection. Pilih border di lubang kepala lampu. Shift kemudiandrag. Kemudian, pada rollout Edit Geometry, klik tombol Y tepat di sampingMake PlanarAnda akan mendapatkan lubang head lamp bagus. Setelah selesai, matikan semua pilihan sub-objek.





26. Tinggalkan kepala Gundam untuk sesaat. Kita akan membuat head lampdari objek yang terpisah. Buat silinder menggunakan nilai sebelumnya(Radius = 9, Tinggi Segs = 1, Sides = 12), tetapi dengan rendah Tinggi = 30.Ikuti langkah gambar di bawah(1) Konversikan ke dalam Editable Poly. Pilihpoligon topi(2) Mengubah ukuran dan membuatnya lebih kecil. (3). GunakanInset(4) Gunakan Bevel ke dalam. (5). Terapkan Bevel lagi dua kali. Kali ini ke luar, membuat bentuk bulat(6). Jadi lampu kepala.




27. Posisikan haadlamp ke posisinya...




28. Setelah itu, pastikan Gundam objek kepala dipilih. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Attach. Kemudian klik objek head lamp pada viewport.Sekarang, anda telah selesai setengah dari kepala Gundam. Akhirnya,terapkan Symmetry modifierGunakan sumbu X dengan aktif Flip. 
28. Setelah itu, pastikan Gundam objek kepala dipilih. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Attach. Kemudian klik objek head lamp pada viewport.Sekarang, anda telah selesai setengah dari kepala Gundam. Akhirnya,terapkan Symmetry modifierGunakan sumbu X dengan aktif Flip. 





ddddddddddddnnnnnnnnnnnnnn  inilah kepala gundam 
RX-78-2 yg telah ente buat ttttttttttttaaaaaaaarrrrrrrrmmmmmm ....!!!

tttrerettttetettetetttteteeeeeeeeeeeeeeettttttttt......!

slamat bagi yang berahsil bagi yang blum berhasil ulangi langkah2 di atas ...

trimaksih...

by DIDIK WIJAYA
trnslate by Rudolf fuad

www. tutorialshine.com

0 komentar: