MODELING BODY GUNDAM PART 2
Mendetailkan Tubuh Bagian bawah
19. Pilih beberapa poligon di bawah tubuh. Pertama, Extrude sedikit. Padaviewport Front gunakan Select And Uniform Scale sepanjang sumbu X untukmembuat poligon lebar yang lebih kecil (gambar tengah bawah). KemudianExtrude tiga kali.
20. Pilih poligon di depan dan belakang wajah yang di ekstrude sebelumnya.Terapkan Extrude di kedua sisi (depan dan belakang).
21. Aktifkan seleksi Vertex. Sesuaikan posisi vertex di left viewport.
22. Pilih poligon seperti gambar di bawah ini. Terapkan Inset dan Extrudedengan nilai negatif (ke dalam).
23. Selanjutnya, kita akan menambahkan rincian di bagian dada. Pertama, pilih setengah dari objek poligon di bagian tubuh. Hapaus bagian yang di seleksi. Ubah seleksi ke Edge. Pilih sisi seperti gambar tengah bawah (5pinggiran). Dalam left viewport, pindahkan tepi ke kanan.
Mendetailkan Bagian Dada
24. Pilih salah satu sisi di daerah dada (lihat gambar di bawah). Lalu padaFront viewport, pindahkan sisi ini sedikit ke tengah dan ke atas.
25. Selanjutnya,
A. Pilih salah satu polygon di dada.
B. Terapkan Bevel dan memindahkan poligon yang dipilih lebih dekat ke tengah sepanjang sumbu X.
C. Terapkan Inset.
D. Kemudian, berikan nilai ekstrusi negatif (ke dalam). Setelah selesai, jangan hapus apa-apa.
26. Ente memiliki satu poligon dipilih, pergi ke rollout Edit Geometry . KlikDetach tombol. Dalam kotak dialog terbuka, pilih Detach To Element dan klik OK. Poligon ini akan terlepas sebagai elemen. Jangan hapus poligon ini. Klik Sembunyikan Hide Unselected. Poligon lain akan hilang di viewport. Untuk memunculkannya lagi, cukup klik tombol Unhide all. Dengan menyembunyikan semua poligon lain ente bisa bekerja lebih baik dengan 1 poligon.
27. Aktifkan seleksi Edge. Pilih 2 sisi horisontal. Dalam rollout Edit Edges kliktombol Settings di sebelah kanan Connect. Dalam kotak dialog terbuka, masukkan Segmen = 2 dan Pinch = 81. Ente akan mendapatkan 2 sisivertikal. Sekarang, pilih semua sisi vertikal (4 dalam total). Klik tombolConnect Setting lagi. Kali ini guanakan Segmen = 8 dan Pinch / Slide = 0.
28. A. Pilih poligon seperti gambar di bawah ini.
B. Terapkan Extrude.
C. Pilih poligon di sisi luar.
D. terapkan Extrude
29. Ubah ke seleksi Edge. Pilih sisi luar seperti gambar kiri bawah. GunakanSelect and Uniform Scale, ubah ukuran sisi pilih dan lebih kecil seperti gambar kanan bawah ini.
30. Ubah seleksi ke Polygon. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Unhideall untuk memunculkan semua poligon yang tersembunyi. Selanjutnya, pilihsalah satu polygon di bahu. Terapkan Inset dan Extrude (ke dalam).
31. Matikan semua pilihan sub-objek. Di modifer list pilih Symmetry dengansumbu X dan pilih flip aktif. Selanjutnya, di medifer list lagi pilih Smooth,centang Auto Smooth . Gambar di bawah menunjukkan tes render.
by didik wijaya
www.tutorialshine.com
29. Ubah ke seleksi Edge. Pilih sisi luar seperti gambar kiri bawah. GunakanSelect and Uniform Scale, ubah ukuran sisi pilih dan lebih kecil seperti gambar kanan bawah ini.
30. Ubah seleksi ke Polygon. Pada rollout Edit Geometry, klik tombol Unhideall untuk memunculkan semua poligon yang tersembunyi. Selanjutnya, pilihsalah satu polygon di bahu. Terapkan Inset dan Extrude (ke dalam).
31. Matikan semua pilihan sub-objek. Di modifer list pilih Symmetry dengansumbu X dan pilih flip aktif. Selanjutnya, di medifer list lagi pilih Smooth,centang Auto Smooth . Gambar di bawah menunjukkan tes render.
by didik wijaya
www.tutorialshine.com
0 komentar: